Variasi Deviasi dan Sembir dalam Ilmu Pelayaran - Grafity Collection

Wednesday, January 19

Variasi Deviasi dan Sembir dalam Ilmu Pelayaran

About Variasi Deviasi dan Sembir dalam Ilmu Pelayaran from Grafity Collection, know whats the reason people looking for Variasi Deviasi dan Sembir dalam Ilmu Pelayaran. Rate: 4.5 12:30 AM For: Variasi Deviasi dan Sembir dalam Ilmu Pelayaran

Ini merupakan lanjutan artikel sebelumnya yaitu Arah Mata Angin dalam IP (Ilmu Pelayaran).

Mengenal Variasi, Deviasi, dan Sembir.

Sebelum masuk ke penjabaran ketiga sudut diatas sebaiknya kita kenal dulu istilah dalam ilmu pelayaran yaitu Utara Sejati(US), Utara Magnet(UM), Utara Pedoman(UP), yang masing-masing memiliki definisi berbeda pula tentunya.

Utara Sejati (US):
Gampangnya disebut saja sebagai utara yang sebenarnya (secara geografis), utara asli lho, yang kalo di peta pelayaran yang biasa di pake berlayar biasanya proyeksi Mercator tu ada skema kompas (pedoman) yang mewakili arah mata angin, nah disitu digambarkan utara sejati dan juga utara magnet serta nilai perubahan tahunannya (Increasing or Decreasing) pada saat peta itu di buat.

Utara Magnet (UM):
Adalah arah utara bukan sebenarnya, yang merupakan utara yang di pengaruhi oleh magnet bumi, utara magnet berubah-ubah, bisa bertambah atau berkurang tergantung dari terbembeng. jika utara magnet bertambah (+) tu berarti sudutnya dah lari ke timur dari Utara Sejati, begitu juga sebaliknya kalu berkurang (-) dah lari ke barat. dibawah ini contoh UM dah lari ke barat (-)



Utara Pedoman (UP)
:
Merupakan sudut yang terbentuk karena pengaruh magnet bumi plus unsur magnet yang ada di kapal.

Nah, Variasi, Deviasi dan Sembir adalah nama ketiga sudut yang terbentuk dari sudut2 utama diatas, dalam ilmu pelayaran. berikut ini penjabaran dari masing sudut tersebut:

Variasi (V)i:
Adalah sudut terbentuk atau dibentuk atau dibangun (sama saja) oleh Utara Sejati dan Utara Magnet. jadi kalo Utara Magnet jatohnya ke timur dari Utara yang sebenarnya maka Variasi memiliki nilai (+), begitu sebaliknya.

Deviasi (D):
Adalah sudut yang di bentuk oleh Utara Magnet dan Utara Pedoman. So kalo Utara Pedoman jatuh ke barat daripada Utara Magnet maka Deviasi adalah (-), begitu juga sebaliknnya.

Sembir (S), alias kesalahan Kompas (pedoman) :
Nah sembir ini merupakan sudut yang dibentuk oleh Utara Sejati dan Utara Pedoman tadi. atau hasil dari Variasi + Deviasi.


Keterangan:
Nilai variasi bisa di dapati di peta. jadi di peta laut dah ada tu nilai variasi namun tetap saja untuk mencocokanya dengan tahun yang sedang kita layari, karena belum tentu tahun pembuatan peta sama dengan tahun yang sedang kita layari.
Saya sendiri sering jumpa ma peta2 jadul jebolan 80an yang jika di pake di tahun 2011 ini minta ampun bedannya.

Sedangkan Deviasi biasanya sudah ada daftarnya diatas kapal. tapi kalo nggak punya daftar Deviasi harus bikin dulu. tau nggak caranya ? nanti ane kase ramuanya pada episode lain.

Dan Sembir tentunya adalah jumlah dari Variasi dan Deviasi.


Berikut saya kasi sedikit rumus perhitungan ketiga sudut tersebut:

V + D = S
S = V + D
V = S - D
D = S - V


Apalagi ya,, tinggal di balik2in aja tu.

Contoh:

Diketahui:
V=2° dan S=-3°
Ditanya : berapa nilai Deviasi ?

Jawab: (hitung sendiri).


Itulah pengenalan dasar dari ketiga sudut tersebut. berikutnya ane kan posting tentang Haluan dan Jauh serta Cara Mencari Deviasi. About Variasi Deviasi dan Sembir dalam Ilmu Pelayaran, geting point 4.5
by Ansen
at 12:30 AM
Share

Artikel Ini Bisa di Tambahkan Ke Daftar Bookmark Di Bawah:

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious Furl

3 comments: on "Variasi Deviasi dan Sembir dalam Ilmu Pelayaran"

Anonymous said...

Keren.. cara penyampaiannya mudah dimengerti,,
Lanjutkan ya gan!!

tezar achmad said...

cara menghitung kesalahan pedoman magnet gmn ya ? mohon bantuanya??

Handy Light said...

Tolong dijawab sekalian soalnya.

Leave A Comment